Ads 468x60px

Apa sesuatu yang menurut anda menarik..? klik dibawah ini.

Budidaya ikan cupang berkwalitas

                    
budidaya ikan cupang
      Budi daya ikan cupang sekarang mulai diminati oleh banyak orang.Karena selain mudah dalam pembudidayannya,ikan cupang juga bernilai ekonomis tinggi.Terutama untuk ikan cupang hias.Cara pemijahan ini cukup simple.Berikut hal-hal yang harus anda persiapakan.





1.Siapkan indukan jantan dan indukan betina.

2.wadah pemijahan.Bisa toples,atau tempat cat yang kira-kira mempunyai panjang lingkar 50cm-60cm dan tinggi 30cm.

3.Air yang berkwalitas.Karena air yang bagus memengaruhi kesehatan indukan dan calon anak cupang.

Selanjutnya proses untuk budidaya ikan cupang adalah

1.Masukkan indukan jantan ke toples yang sudah disediakan air bersih,diamkan sehari agar bisa beradaptasi dengan tempatnya yang baru.

2.Masukan indukan betina kedalam toples induk jantan tapi biarkan induk betina didalam botol,jangan langsung di lepas.Biarkan mereka pendekatan dulu.

3.Biasanya setelah sehari,indukan jantan akan mengeluarkan banyak gelembung.itu adalah sarang tempat untuk meletakkan telur si betina.Barulah indukan betina dilepas dari botol untuk kawin dengan indukan jantan.

4.Setelah beberapa jam kemudian,induk betina akan mulai mengeluarkan telur-telurnya.setelah selesai mengeluarkan telur,segera angkat induk betina ketempat lain.Karena induk betina bisa memakan telurnya sendiri.

5.Induk jantan akan merawat telur tersebut sampai menetas 1 sampai duahari kedepan.

6.Setelah menetas jangan di beri pakan dulu sampai uning telur bawaan anak cupang atau burayak tersebut habis.Kira-kira 2 hari setelah penetasa.

7.Setelah kuning telur habis,barulah beri pakan dengan kutu air,kalo sulit mendapatkan kutu air,bisa dengan kuning telu bebek yang di rebus dan diremas agar halus dan diberikan pada anak cupang..

8.Setelah sepuluh hari, barulah anak cupang dipindahkan ketemapat yang lebih luas untuk pembesaran dan dipisahkan dari induk jantannya.

Usahakan pakan burayak dalah kutu air.Karena kutu air mengandung manfaat tinggi bagi ikan.Demikian cara singkat budidaya ikan cupang.Baca artikel tentang pemilihan induk ikan cupang yang berkwalitas dan air yang baik untuk ikan cupang.

0 komentar:

Posting Komentar