Ads 468x60px

Apa sesuatu yang menurut anda menarik..? klik dibawah ini.

Kontes ikan cupang Hias

              kriteria cupang plakat kontes.JPG Kontes ikan cupang kini semakin marak.Bahkan dari kalangan anak-anak pun sudah banyak mengikuti kontes tersebut.Di jogja,biasanya kontes ikan cupang di adakan di Sebelah pasar hewan (PASTI) di daerah dongkelan.Biasanya pemenang dari kontes ini,ikannya bernilai jual tinngi.Bisa mencapai 1 juta.Bahkan pernah ada berita pemenang kontes cupang ini,ikannya berharga 5 juta.

          Kriteria cupang kontes ini sangat ketat.dari masing-masing jenis pun terdapat keunggulannya.Hampir semua ikan yang diikutkan kontes mempunyai kondisi yang sempurna.Misal penilaian kontes ikan cupang berjenis plakat.
1.Bentuk sirip atas ketika mengembang idealnya seperti kipas dan tidak ada celah perbatasan antara sirip atas dengan ekor.
2.Ketika mengembang,ekor cupang plakat akan berbentuk huruf D.Tulangan ideal tidak kurang dari empat tulang dan juga tidak terlalu banyak.Idealnya mengembang sampai 180 derajat.
3.Sirip bawah berbentuk trapesium dari dada sampai ekor.Tidak ada celah perbatasan antara sirip bawah dengan ekor.
4.Sirip dasi harus sejajar sama panjang dan tidak membentuk silang permanen.Bentuknya seperti pusau yang menghadap kebelakang.

Secara umum,surip atas tidak lebih panjang dari sepertiga badannya.Yang demikian  mulai benar dalam kriteria penilaian ikan cupang plakat.ingat,baru mulai benar,belum sampai benar.Masih banyak lagi kriteria kontes ikan cupang yang diselenggarakan..semoga artikelnya bermanfaat.Lokasi yang biasa digunakan kontes ikan cupang di jogja klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar