Ads 468x60px

Apa sesuatu yang menurut anda menarik..? klik dibawah ini.

cara mengawinkan cupang berkwalitas


cara mengawinkan cupang
Cara mengawinkan ikan cupang sebaiknya dipersiapkan.Hal yang pertama di siapkan adalah
1.Pemilihan indukan.

-Pilih Indukan pejantan yang bagus.ciri-ciri indukan pejantan yang bagus adalah warna ecerah mengkilap,gerakannya agresif,lebih sering didasar air dan tidak banyak terapung.hal itu menunjukan kesehatannya.fisik harus utuh sepurna,tidak cacat.Juga sering menghasilkan gelembung-gelembung dipermukaan air



-Indukan betina .Kriteria nya sama dengan pemilihan indukan pejantan.Hanya saja cupang betina warnanya pudar,tidak mencolok.

2.Proses mengkawinkan.

-Siapkan baskom ukuran sedang untuk pejantan.Diamkan selama sehari agar pejantan beradaptasi dengan tempatnya yang baru.

-Setelah itu masukan indukan betina kedalam baskom pejantan dengan membiarkannya tetap dalam botol.jangan dilepas langsung jadi satu tempat.biarkan cupang jantan dan cupang betina pendekatan dulu.

-Setelah pejantankan menghasilkan banyak gelembung(biasanya sehari),tidak lain gelembung tersebut adalah sarang untuk telur cupang,lepaskan indukan betina dari botol dan biarkan menjalani proses perkawinan.

-Setelah itu indukan akan melepaskan telur-telurnya.Jika sudah selesai mengeluarkan telur,pindahkan indukan betina ke tempat lain.Istirahatkan selama 2 minggu untuk dikawinkan lagi.

-Sekurang-lebihnya 2 hari,telur tersebut akan menetas.Saat menetas,jangan sampai baskom terkena goncangan keras.karena anak cupang sedang dilatih berenang oleh indukan pejantan.

-Berimakan kutu air jika kuning telur bawaan lahirnya sudah habis.bisa juga denga kuning telur bebek yang di rebur dan di lumat.(kira-kira dua hari setelah penetasan.

-Setelah usia anak cupang mencapai sepuluh hari,atau sudah bisa di beri makan cacing sutra,maka pindahkan anak cupang tersebut ketempat yang lebih besar untuk pembesaran dan pisahkan  dari indukan pejantan.

-Sebulan kemudian sudah bisa kita seleksi antara cupang yang berkwalitas dan yang bukan.

Demikian cara mengawinkan cupang.Semoga bermanfat.untuk bertanya silakan tinggalkan pesan.Akan kita jawab semampunya..

0 komentar:

Posting Komentar